10 Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli Terlengkap

Yalla Shoot – Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang memakai bola, kebanyakan bola yang digunakan terbuat berasal dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim beranggotakan sebelas orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Tujuan permainan sepak bola yaitu untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya bersama memakai bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan di lapangan terbuka berupa persegi panjang dan di atas rumput ataupun rumput sintetis.

Selain definisi sepak bola diatas, tersedia beberapa pendapat beberapa ahli perihal pengertian sepak bola. Berikut ini adalah beberapa pengertian sepak bola menurut para ahli.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli
Nurhasan (2001:46)
Menurut Nurhasan, Permainan sepak bola dilakukan di dalam 2 (dua) babak, yang mana masing­-masing berasal dari babak terhadap kebanyakan berjalan sepanjang 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit bersama dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain memakai sepatu bola dan juga kostum yang berbeda bersama lawan mainnya, sedang untuk penjaga gawangnya harus mengenakan kostum khusus yang berbeda bersama para pemain lainya.

Muhyi Faruq (2008:17)
Menurut Muhyi Faruq, Permainan sepak bola ialah bentuk berasal dari aktivitas fisik yang menambahkan fungsi terhadap kesehatan tubuh dan mental dan juga sosial yaitu prestasi. Pada kajian ini lebih menyoroti terhadap permainan dan olahraga sepak bola kaitannya bersama kesehatan tubuh. Permainan ini sendiri masuk di dalam aktifitas gerak olahraga, dikarenakan bentuk aktifitas fisik yang terstruktur, terencanadan terus menerus bersama tujuan untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.

Sucipto dkk (2000:7)
Menurut Sucipto dkk, Permainan Sepak bola yaitu permainan yang hampir seutuhnya dimainkan bersama memakai kaki, jika seorang penjaga gawang yang dibolehkan memakai lengannya di area tendangan hukumannya.

Agus Salim (2008: 10)
Menurut Agus Salim, Sepak bola ialah olahraga yang memainkan bola bersama memakai kaki. Tujuan utama berasal dari permainan ini adalah untuk mencetak gol atau skor sebanyak-banyaknya yang sudah pasti harus dilakukan cocok bersama keputusan yang telah ditetapkan. Untuk mampu membawa dampak gol harus tangkas, sigap, cepat, dan baik di dalam mengontrol bola.

Muhajir (2007:22)
Menurut Muhajir, Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan bersama jalur menyepak, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola kegawang lawan bersama mempertahankan gawang selanjutnya sehingga tidak kemasukan bola oleh lawan.

Alwi di dalam KBBI (2003:918)
Menurut Alwi, Sepak bola adalah permainan beregu yang memakai bola sepak berasal dari 2 (dua) grup yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain.

Luxbacher (2008:2)
Menurut Luxbacher, Pertandingan sepak bola itu dimainkan oleh 2 (dua) tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawang dan mengupayakan menjebol gawang lawan.

Joko Purwanto (2004:7)
Menurut Joko Purwanto, Sepak bola adalah suatu bentuk permainan beregu yang memakai bola besar, dimainkan oleh 2 (dua) regu, dan masing-masing regu terdiri berasal dari 11 pemain.

Herwin (2004:78)
Menurut Herwin, Permainan sepak bola adalah permainan grup yang melibatkan banyak unsur, layaknya fisik, teknik, taktik, dan mental.

Subagyo Irianto (2010:3)
Menurut Subagyo Irianto, Sepak bola adalah permainan bersama cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain berasal dari dua kesebelasan yang berbeda bersama bermaksud memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukan bola.

Demikian penjelasan yang mampu kita sampaikan tentang 10 Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli Terlengkap . Semoga postingan ini berguna bagi pembaca

Tinggalkan komentar