Fungsi Alat Berat Motor Grader

Jual Ban Grader – Motor grader merupakan sebuah alat perata yang membawa bermacam-macam kegunaan. Pada kebanyakan grader digunakan didalam proyek dan perawatan jalur dan bersama dengan kemampuannya didalam bergerak, motor grader sering digunakan didalam proyek lapangan terbang.

Motor grader membawa kegunaan bermacam-macam, pada lain :

  1. Meratakan dan membentuk permukaan.
  2. Merawat jalan.
  3. Mengupas tanah.
  4. Menyebarkan material ringan

Motor grader terdiri dari enam bagian utama, yakni penggerak (prime mover), kerangka (frame), pisau (moldboard), sacrifier, circle dan drawbar Alat penggerak motor grader adalah roda ban yang terdapat di belakang. Frame menghubungkan penggerak dan as depan. Letak frame lumayan tinggi untuk memudahkan maneuver alat. Dalam pengoperasiannya, motor grader memanfaatkan pisau yang disebut moldboard yang dapat digerakkan cocok bersama dengan kebutuhan bentuk permukaan. Panjang blade kebanyakan berkisar pada 3 sampai 5 meter.

Sacrifier adalah unit motor grader yang dikontrol secara hidrolis. Bagian ini membawa gigi yang berfungsi untuk menghancurkan material. Sacrifier digerakkan bersama dengan mendorong atau menarik unit ini. Circle adalah bagian motor grader yang berwujud seperti cincin bersama dengan bagian didalam luar bergigi. Fungsi dari circle adalah untuk menggerakkan blade sehingga dapat berputar. Drawbar bagian motor grader yang berwujud V atau T. Drawbar menghubungkan circle bersama dengan bagian depan grader.
Moldboard /pisau dapat digerakkan seperti blade terhadap dozer, yakni tilt, pitch, dan angle bersama dengan fleksibilitas yang lebih besar. Gerakan pitching ke depan kebanyakan untuk pekerjaan finishing dan pencampuran. Sedangkan gerakan pitching ke belakang dilakukan untuk tingkatkan pemotongan.

Tinggalkan komentar