Persiapan Kolam dan Air Kolam sebelum Menebar Bibit Lele

Cat Kolam Ikan – Persiapan kolam dan air kolam di dalam budidaya lele, yakni sebelum kami jalankan tebar bibit adalah mutlak dilakukan. Hal ini karena menurut pengalam yang aku alami selama ini, bahwa kesuksesan kami di dalam persiapan tersebut, dapat pilih kesehatan bibit lele yang dapat kami tebarkan. Dan kecuali bibit kami sehat, maka sistem pemeliharaan yang setelah itu dapat jauh lebih mudah, supaya bisa saja untuk kesuksesan sementara panen, termasuk dapat jadi lebih besar.

Jika kolam yang anda menggunakan adalah kolam yang masih baru, atau yang masih pertama kali anda gunakan, maka sebaiknya sementara anda pertama kali isikan kolam tersebut, jangan segera memasukkan bibit. Hal ini sebab kolam yang baru masih banyak memiliki kandungan bahan-bahan beresiko bagi keselamatan ikan, khususnya untuk kolam yang menggunakan bahan dari terpal, atau dari tembok.

Yang ditakutkan kecuali kami menggunakan kolam dari bahan terpal, maka masih tersedia sisa bahan kimia di dalam sistem pembuatannya. Atau kecuali kami menggunakan kolam tembok, maka masih tersedia sisa dari semen atau bahan bangunan lain yang digunakan untuk membangun kolam tersebut. Tetapi kecuali kolam tanah yang dapat anda gunakan, bisa saja kondisinya dapat lebih safe daripada kedua type kolam lain yang telah aku sebutkan sebelumnya, namun biarpun demikian, lebih baik kecuali kami senantiasa waspada.

Jadi setidaknya kami wajib isikan kolam sampai batas dimana kami dapat isikan air kolam nantinya. Lalu air yang tersedia di kolam tersebut dapat kami diamkan selama lebih dari satu hari, setelah itu kami dapat buang air tersebut. Setelah sistem ini selesai, sebaiknya kami mengecek lagi kondisi dari kolam tersebut, kecuali masih belum memadai bersih maka kami sanggup mengulangi sistem pengisian kolam ini lagi, namun kecuali telah bersih dan telah tidak tersedia bau bahan kimia, atau bahan bangunan, maka kolam kami telah sanggup dikatakan siap pakai.

Setelah kondisi kolam kami telah terasa steril, maka sementara itu kami siap untuk menyiapkan air untuk sistem budidaya selanjutnya. Air kolam budidaya wajib kami siapkan, sebab air yang masih baru saja dimasukkan ke di dalam kolam tidak sanggup secara segera diisikan bibit lele. Karena kecuali sampai hal ini dilakukan, maka bisa saja besar bibit yang kami masukkan tersebut dapat segera mati, dan bisa saja tingkat kematiannya dapat terlampau parah, dan tidak menutup bisa saja dapat sampai menghabiskan semua bibit lele yang ditebarkan tersebut.

Menurut pendapat saya, hal ini sebab air yang digunakan oleh bibit lele di kolam asalnya adalah air yang telah lama, dan telah beradaptasi bersama dengan kondisi bibit lele, jadi sementara ikan lele dipindahkan ke kolam baru bersama dengan kondisi air yang masih terlampau bersih, atau air yang masih memiliki kandungan kaporit (clorin) yang tinggi, maka bibit tersebut dapat kaget, supaya membawa dampak mereka tidak nyaman bersama dengan kondisi kolam yang baru, sebab itu maka bibit tersebut dapat jadi stress, supaya hal itu dapat membawa dampak kematian masal dari bibit yang baru saja kami tebarkan.

Jadi, sebaiknya setelah kami selesai isikan kolam, kami biarkan dulu air tersebut setidaknya selama seminggu atau lebih. Dalam sistem menanti tersebut kami sanggup isikan kolam bersama dengan pupuk kandang, supaya sanggup memperkaya kadar pakan alami ikan yang tersedia di di dalam kolam. Selain pupuk kandang aku dulu termasuk dulu hanya menggunakan bekatul atau dedak, sebagai biang untuk menghasilkan pakan alami bibit lele di di dalam kolam. Untuk hasilnya memang tidak sebagus pupuk kandang, namun setidaknya cara tersebut sanggup digunakan, yakni terhadap sementara kami susah untuk beroleh pupuk kandang.

Biasanya kondisi kolam yang telah terkandung banyak pakan alaminya, dapat terkandung banyak jentik nyamuknya, sebab jentik nyamuk termasuk dapat memakan plankton yang tersedia di di dalam kolam, supaya jentik nyamuk tersebut sanggup kami menggunakan sebagai indikator.

Setidaknya setelah seminggu kami isikan air kolam, maka kami sanggup untuk terasa menebarkan bibit lele. Sebenarnya, kecuali kami menanti sedikit lebih lama lagi, maka kondisi kolam dapat tambah sempurna, namun yang jadi kasus umumnya jentik nyamuk yang telah tersedia di di dalam kolam, dapat segera jadi nyamuk, supaya sanggup membawa dampak serangan nyamuk yang parah disekitar kolam.

Tinggalkan komentar