Posisi pemain Dalam Sepak Bola


Yalla Shoot – Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri berasal dari 1 orang penjaga gawang, 2-4 orang pemain bertahan, 2-5 orang pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang. Penjaga gawang (kiper) adalah cuma satu pemain di dalam sebuah tim yang boleh memakai tangan untuk menghambat bola menuju gawang berasal dari serangan tim lawan. Umumnya, penjaga gawang mengenakan baju (jersey) yang berlainan bersama pemain lainnya. Pemain bertahan (back) miliki tugas utama untuk menghambat dan menutup pergerakan tim lawan. Pemain sedang (gelandang/playmaker) umumnya terdiri berasal dari pemain sedang serang yang bermain dekat bersama penyerang dan pemain sedang bertahan yang bermain dekat bersama pemain bertahan. Tugas utama pemain sedang adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker di dalam tim. Terdapat pula pemain sayap (winger) yang bertugas di sisi kanan atau kiri lapangan. Penyerang (striker) miliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Kapten tim adalah jabatan seseorang yang terpilih di pada para pemain yang bertugas memimpin dan mengoordinasi para pemain sehingga bermain secara tim di lapangan. Tanda bahwa pemain sebagai kapten tim adalah atribut ban (armband) yang melingkar pada lengan atas. Pada awal sebuah laga resmi, Kapten berasal dari dua tim menjadi pemain terdepan kala memasuki daerah lapangan diikuti kiper dan para pemain lain. Biasanya, seorang Kapten menjadi penendang utama penalti serta sebagai penerima pertama penyerahan piala atau gelar juara sebuah turnamen.

Posisi basic pemain bisa mengalami modifikasi menjadi berbagai pola atau taktik permainan. Beberapa pola pemain yang sering digunakan di dalam berbagai kejuaraan adalah 4-4-2 (paling sering digunakan), 3-4-2-1(kekuatan terdapat di bagian sedang lapangan), serta 4-3-3 (formasi klasik berasal dari tahun 1970-an yang sering digunakan oleh sistem total football Belanda dan Jerman Barat).

Tinggalkan komentar