Syarat, Kewajiban, dan Rukun Haji serta Umroh

 

Umroh Desember – Sebenarnya jika kita membahas mengenai syarat, wajib, dan rukun haji dan juga umroh, perihal ini terkait erat dengan tata-cara atau teknis haji atau umroh itu sendiri. Di kalangan keempat madzhab yang tersedia masing-masing punya pendapatnya masing-masing. Dalam prakteknya, penduduk mampu langsung mempelajari perihal ini saat sudah mendaftar haji karena tentu sebelum saat berangkat lebih-lebih dahulu tentu tersedia bimbingan haji pada tiap-tiap area di Indonesia.

Sedangkan syarat haji, kita mampu merujuk pada pedoman lazim di dalam pembahasannya mengenai fiqih kontemporer di dalam buku Fiqh Islam karya H.Sulaiman rasyjidin halaman 346 ditulis bahwa tersedia empat syarat mesti haji yaitu:

1. Islam
2. Mukallaf (Berakal dan Baligh). Baligh berarti orang yang sudah mampu membedakan antara yang benar dan yang salah.
3. Orang Merdeka (tidak berstatus jadi budak). Di Indonesia sudah tidak tersedia lagi proses perbudakan.
4. Mampu atau Kuasa (memiliki kemampuan jalankan haji sendiri). Dalam bhs arab mampu atau kuasa disebut istatha’ah.

Kemudian kategori ini mampu diperluas lagi yakni orang yang punya kondisi kesegaran baik, terdapatnya kendaraan yang mampu dimanfaatkan untuk pulang/pergi, terdapatnya keamanan di dalam perjalanan, punya bekal yang lumayan selama menunaikan ibadah haji, dan bagi perempuan mesti disertai oleh muhrimnya atau dengan dengan perempuan lain yang tersedia muhrimnya.

Secara rukun, ibadah haji membutuhkan kemampuan fisik yang lebih berasal dari pada umroh karena wilayah yang bakal dikunjungi beraneka ragam dengan kuantitas jamaah yang jauh lebih banyak. Rangkaian ibadah haji mesti mendatangi Arafah, Muzdalifah dan Mina pas rangkaian ibadah umroh cuma ditunaikan di sekitaran masjid Al-Haram dan Ka’bah saja. Persamaannya, baik di dalam ibadah haji maupun umroh juga mesti bertawaf di Kakbah (mengelilingi) dan Sai (lari-lari kecil) di Safa dan Marwah. Oleh karena itu baik ibadah haji maupun umroh membutuhkan kesiapan fisik yang prima.

Tinggalkan komentar